Selamat datang di blog PD. Anugrah. Kami adalah perusahaan yang saat ini bergerak di bidang pengolahan logam dalam skala kecil.

Blog ini di buat sebagai sarana promosi dan wadah untuk informasi-informasi terkait pengolahan logam serta sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dengan rekan-rekan yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kami.

Blog ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan di sana sini oleh karena itu kritik dan saran dari rekan-rekan sekalian sangat kami harapkan :)

Salam Sukses,

Wednesday 21 July 2010

Ide Masalah Limbah Pengolahan Sistem Sianidasi

Limbah pengolahan adalah masalah yang sampai saat ini selalu menjadi kendala di lapangan, terutama limbah sianida yang merupakan limbah beracun dan berbahaya untuk lingkungan. Sampai saat ini saya pribadi belum mengetahui cara efektif untuk menetralkan limbah sianida sisa pengolahan dan sangat mengharapkan ada ahli kimia yang bisa membantu memecahkan masalah ini. Saat ini ide yang muncul hanyalah meminimalisir limbah yang terbuang dengan cara penggunaan ulang larutan sianida sisa pengolahan.

Berikut adalah versi singkat ide meminimalisasi limbah sianida dari pengolahan emas dengan sistem sianidasi:

- perlu adanya bak pengendapan untuk mengendapkan lumpur dan kemudian bak kontrol larutan dimana larutan yang telah di pisahkan dari lumpur sisa pengolahan di cek kadar sianida dan PHnya untuk perlakuan lebih lanjut agar dapat di gunakan untuk proses selanjutnya.

- bak pengendapan baiknya di buat 2-3 tahap untuk memaksimalkan proses pengendapan lumpur.

- bak kontrol larutan berkapasitas 2-3 kali lipat dari kapasitas larutan per sekali proses.

- lumpur yang di endapkan di simpan di bak khusus yang kedap air dan kalau bisa di set agar terpapar sinar matahari karena kalo ngga salah sianida terlarut mudah terdegradasi jika terkena sinar matahari. (mohon pencerahan para ahli)

Ide ini baik di gunakan karena selain meminimalisasi resiko pencemaran dengan pengulangan pemakaian larutan anda dapat menghemat penambahan sianida dalam proses pengolahan anda.

2 comments:

  1. sianida menguap pada suhu 26C
    lebih baik di ubah ke bentuk sianat (OCN) dengan penetralan dengan sodium hypo (NaOCl) berlebih.
    smoga bisa membantu

    ReplyDelete
  2. Teman saya menggunakan zeolid untuk menatralisir limbah syanida menurut dia zeolid mampu untuk menetral racun limbah dan bahkan pada bak penampungan mereka air limbah setelah dinetralisir dengan zat zeolid aman tidak beracun lagi, sebagai info pabrik zeolid di daerah Banten persisnya saya kurang tau ada di kragilan rangkas mungkin bisa dicari info lebih lanjut.

    ReplyDelete